Entri terakhir: untuk Yoana Vennezia

Image
Waktu itu tak berujung. Kita hidup di satu masa. Awalnya, lagu Akad oleh Payung Teduh terasa tidak relevan, setidaknya bagiku. Maksudnya, terlalu banyak muda-mudi kebelet nikah yang dengan sengaja meneriakkan lagu itu ke telinga orang. Memang, musiknya mudah didengar dan ringan. Tapi, kupikir liriknya tidak sekuat lagu Untuk Perempuan yang Sedang di Pelukan. Tapi, hari ini, lagu Akad seperti tiba-tiba merasuki aku. Tapi, aku gak menye-menye; aku tidak kebelet nikah, aku tetap sama. Tapi, entah mengapa lirik yang ringan itu cocok untuk meningat kamu, Yo. Aransemen musiknya tidak menyedihkan, tapi menyenangkan. Mungkin, sudah seharusnya itu yang aku, Tane, Iki dan yang lain rasakan. Kami gak perlu sedih soal kepergianmu itu. Kami, seharusnya, mengingat hidupmu itu, Yo. Hidupmu itu layak kami apresiasi setinggi-tingginya. Kamu sudah bantu aku berubah. Tahu gak? Aku gak pernah nangis di pemakaman, Yo. Tapi, kemarin aku seperti tidak kenal siapa aku. Dinding dan tampilan tangguh ya

BABYSHIT!!!!

Siapa sih yang enggak suka bayi atau batita atau bahkan balita? Anak-anak masuk dalam fase paling lucu. Chubby, gemuk, kelakuannya lucu, manja, gemesin deh pokoknya

Jawabannya adalah gue.

Iya sih gue akui emang lucu, cuma aja gue gak bisa lama-lama sama mereka. Kenapa? Mereka moody. Sekarang cengengesan, seperempat detik kemudian ngadat. Makan ini, setengah detik kemudian pengen yang lain.

Pusing. Banget. Itulah kenapa gue gak bisa ngabisin waktu lama-lama sama mereka. Dan Babysit adalah hal yang menurut gue horror banget. Pengalaman pahit tersebut pernah gue alami pas jadi siswa magang dulu.

Jadi waktu itu kantor sepi, belum pada datang. Pegawai yang punya anak lelaki umur 2 tahun pun datang. Beliau pembimbing gue. Nah, si anak ini biasanya maen sama dua temen cewek yang sekantor  mereka temen satu sekolah. Gue ketemu beliau di parkiran, dan beliau harus meeting. Karena bingung gak ada siapa-siapa lagi, gue ditunjuk sebagai babysitter. Ya, karena enggak ada siapa-siapa lagi gue gak bisa nolak, apalagi ini kan meeting.

Awalnya mulus, karena si anak ini, let's call Jun biar gampang, udah deket sama gue. Gimana enggak, gue kan udah hampir 3 bulan disini. Jun ama gue pergi ke ruangan, mamanya ke ruangan juga, karena harus pake sepatu dulu.

Sudah masuk ruangan, kemudian gue diinstruksikan untuk nyalain pc dan ngajak dia nyanyi. Setelah ditinggal, Jun mau nonton tv dan gue nyalain pc. Dua menit kemudian kejadian horror itu terjadi..

Dia nangis. Yap, NANGIS. Bingung. Muka Jun ngadep lantai, ingusnya kemana-mana. Gue coba ngajak dia nyayi, eh malah makin kenceng.. Stress gue! Sekali-kali gue angkat, sambil bilang ini-itu biar gak nangis, eh malah makin kenceng. Lemes gue, beneran. Meetingnya paling 15-30 menit, cuma gue berasa... OH DEMI JANGGUT DAVY JONES, BAWA GUE KE LOKERLU YANG BAU ITU!!!

10 menit berlalu dan gue inget ada yang bilang Tuhan selalu ngasih ujian yang pasti bisa dilalui oleh hambanya, tapi ini berat sekali...

Dia lari mau nyari emaknya, gue kejar. Malah makin kenceng aja, gue pengen ada orang lewat, gue bakal langsung bilang, TAMPAR AKU MAS! TAMPAR!!! Gue udah bilang jujur, eh masih aja salah. Nggak kayak orang lain, gue gak mau boongin anak kecil, karena kalo dari kecil aja udah diboongin gedenyan nanti jadi tukang boong kayak gue.

20 menit berlalu dan hal ini masih berlanjut.. Entah sampai kapan siksaan ini menerpa mentalku ya Allah.. Dan kenapa ini bocah diem meski nyokapnya pergi 3 jam kalo lagi sama kedua cewek itu.. DASAR LAKI DARI KECIL AJA MAUNYA SAMA TETEH-TETEH.

Akhirnya, proses lari-larian ala film Bollywood itu kelar gue bisa bikin dia berhenti nangis. Kok bisa? Kali ini gue gak boong, tapi pura-pura. Yap, pura-pura nyariin emaknya. Keliling sambil pake sendal nyeckermenn, ujungnya gue bisa ngajak dia cuci tangan dan ngelap ingusnya.

Abis dilap temen gue dateng dan gak lama, mama si Jun dateng.. Gue semakin berpikir, kenapa orang bisa ngasuh anak kecil. Akhirnya gue putuskan, untuk gak BABYSHIT lagi.

Comments

Popular posts from this blog

As a Good Friend..

Into the Citylight

Angin-angin Keparat